4 Cara Menghapus Virus Malware di Android

Ketika datang ke malware mobile, ponsel Android memiliki perbedaan yang meragukan dalam menarik lebih dari sekadar bagiannya yang adil, dan malware itu dapat berkisar dari mana saja dari layanan pengiriman iklan popup yang menjengkelkan hingga spyware ponsel canggih yang memungkinkan peretas untuk memata-matai setiap tindakan Anda.

Tanda ponsel Android Anda terinfeksi malware

Meskipun ponsel Anda dapat menampilkan gejala infeksi malware yang jelas, seringkali, aplikasi jahat tidak aktif di ponsel. Sebaliknya, kerusakan muncul sebagai tagihan pada kartu bank Anda atau tagihan telepon dengan biaya data yang luar biasa tinggi.

  1. Kurangi masa pakai baterai.
  2. Fungsi ponsel lebih lambat.
  3. Penggunaan data Internet yang lebih tinggi.
  4. Pemberitahuan mencurigakan dari bank dan layanan tidak dikenal.
  5. Pop up ads.

4 Cara Menghapus Virus Malware di Android

Ada 5 cara untuk menghapus malware dari perangkat Android: cara mudah dan sulit. Kami akan memandu Anda melalui keduanya, sehingga Anda dapat memilih metode yang paling cocok untuk Anda.

1. Uninstall aplikasi yang mencurigakan

Melihat aplikasi yang tidak Anda ingat unduh bisa menjadi tanda bahaya. Dan aplikasi lain, terutama aplikasi gratis dari pengembang kecil, mungkin mengandung adware. Jadi jika Anda melihat aplikasi yang tidak Anda butuhkan, hapus instalannya, hanya agar aman.

Untuk menghapus aplikasi, kepala ke Settings> Apps dan Pemberitahuan> Semua Aplikasi kemudian klik pada aplikasi yang bersangkutan. Ini akan memunculkan layar khusus dengan tombol uninstall, yang mungkin cukup untuk menghapus malware. Namun, jika tombol uninstall dihapus, aplikasi mungkin telah mendapatkan akses admin, membuatnya lebih sulit untuk dihapus.

Dalam hal ini, kepala ke Settings> Security & lokasi> Lanjutan> aplikasi Perangkat admin, dan periksa apakah ada aplikasi yang dalam daftar yang tidak memiliki akses mendalam seperti. Jika demikian, Anda dapat menekan pada aplikasi untuk menonaktifkannya, yang seharusnya memungkinkan Anda untuk uninstall dari Apps & pemberitahuan menu.

2. Jalankan Scan Antivirus

antivirus mobile secara otomatis dapat memindai download dan memperingatkan tentang aplikasi yang mungkin membocorkan informasi pribadi, memungkinkan iklan pop-up pada perangkat Anda, atau menguras baterai ponsel Anda.

Penyedia perangkat lunak keamanan utama seperti Kaspersky, Avast, Norton dan AVG juga memiliki aplikasi Android, beberapa di antaranya dibayar, tetapi semuanya menawarkan opsi gratis. Ada juga penyedia layanan seluler yang dianggap baik, seperti Lookout Security.

3. Factory Reset

Jika mencopot pemasangan aplikasi yang mencurigakan tidak menghentikan telepon Anda dari memunculkan pesan yang mengganggu atau lebih buruk, Anda mungkin perlu mengambil opsi nuklir untuk melakukan reset pabrik, yang akan menghapus semua data ponsel Anda. Pastikan Anda memiliki foto dan media yang dicadangkan, dan semua pesan yang mungkin ingin Anda simpan, lalu buka Settings > System > Advanced > Reset options > Erase all data.

4. Hentikan malware agar tidak diinstal ulang

Setelah telepon Anda jelas dari malware, itu ide yang baik untuk waspada terhadap apa yang Anda men-download dan di mana Anda men-download dari. Selalu men-download aplikasi dari Google Play atau sumber terpercaya lainnya dan hanya men-download aplikasi yang Anda benar-benar membutuhkan dan tahu aman – bahkan kemudian, menjaga mata tajam pada apakah Anda benar-benar men-download game populer Anda terus membaca tentang, atau hanya palsu pintar.

Pikiran akhir

Anda seharusnya tidak melihat keamanan telepon yang baik sebagai opsional. Android adalah open source dan itu berarti siapa pun yang tertarik untuk mengambil keuntungan dari telepon yang tidak aman memiliki informasi yang mereka butuhkan. OS jauh lebih disesuaikan dari sistem operasi iOS Apple, tetapi pada biaya kerentanan perangkat lunak.

Tinggalkan Balasan